Peristiwa-Peristiwa Penting Di Indonesia

Peristiwa-Peristiwa Penting Di Indonesia

Penyerbuan Batavia

Peristiwa ini merupakan serangan terhadap tahun 1628 dan tahun 1629 oleh Sultan Agung dari Kesultanan Mataram ke pusat VOC di Batavia (saat ini Jakarta). Penyerbuan ini berjalan terhadap tahun 1628 bersama dengan tujuan untuk mengusir VOC dari Pulau Jawa. Karena VOC kerap bermain dirumah-rumah penduduk di Jawa.

Pertempuran Surabaya

Pada tanggal 25 Oktober 1945 Sekutu di bawah Komando Brigjen A.W.S. Mallaby tiba di Surabaya. Pada tanggal 28 Oktober 1945 berjalan pertempuran pada rakyat Surabaya melawan Sekutu yang menewaskan Brigjen A.W.S. Mallaby. Hal setelah itu memicu Sekutu murka dan menghendaki rakyat bersenjata menyerahkan diri terhadap tanggal 9 November 1945 sebelum bakal pukul 18.00. Jika ultimatum tidak dipenuhi, Sekutu bisa menyerang Surabaya terhadap tanggal 10 November 1945. Namun, rakyat Surabaya tidak mengacuhkan ultimatum tersebut.

Bung Tomo justru sukses bisa menciptakan rtp slot gacor gara-gara membakar impuls para rakyat Surabaya didalam jalankan perlawanan terhadap Sekutu. Oleh gara-gara itu, terjadilah pertempuran berdarah terhadap 10 November 1945. Tanggal setelah itu setelah itu ditetapkan jadi Hari Pahlawan.

Pertempuran Puputan Margarana

Pertempuran di daerah Bali ini melibatkan pasukan TKR divisi Sunda Kecil di bawah pimpinan Kolonel I Gusti Ngurah Rai bersama dengan pasukan Belanda yang menginginkan menguasai wilayah Bali. Peperangan berjalan terhadap 20 November 1946 dini hari sampai bersama dengan siang hari. Pasukan I Gusti Ngurah Rai sukses memojokkan Belanda, namun Belanda yang terdesak langsung memanggil bala bantuan.

Itulah beberapa momen mutlak sementara negara kami tercinta yaitu Indonesia tetap dijajah oleh para penjajah dari Belanda dan Jepang. Mungkin Kalian bisa mengenang para pahlawan Tanah Air yang telah gugur bersama dengan selalu bersemangat dan wajib bangga bakal Indonesia. Sebenarnya tetap banyak kembali peperangan yang berjalan sementara didalam era penjajahan. Namun perang-perang diatas merupakan momen yang telah banyak menelan korban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post