Sejarah Candi Borobudur Di Indonesia

Sejarah Candi Borobudur Di Indonesia post thumbnail image

Sejarah Candi Borobudur Indonesia

Sejarah Candi Borobudur Indonesia – Hayo siapa yang belum tau dengan candi satu ini yang terkenal sampai mancanegara. Yuk kita baca bersama apa itu candi borobudur. Candi Borobudur merupakan candi budha terbesar di dunia.Candi megah ini sempat menjadi salah satu dari keajaiban dunia dan dicatat UNESCO sebagai warisan dunia pada tahun 1991. Hingga kini, Candi Borobudur menjadi peninggalan ber sejarah yang masih di jaga kecantikan dan keindahannya.Tahukah teman-teman, Diperkirakan, lebih dari 1,6 juta blok batu andesit di gunakan untuk membangun candi ini.luas Candi Borobudur ini bahkan sampai 2.500 meter persegi.

Candi Borobudur ini memiliki awal mula yang panjang, Teman-teman penasaran yuk ke Situs Judi Slot Terbaik dan Terpercaya No 1. Di bangun pada masa Dinasti Syailendra. Candi Borobudur di bangun pada tahun 770 masehi. Saat itu berdiri kerajaan Mataram Kuno.Ketikaitu, kerajaan mataram dipengaruhi oleh kerajaan Sriwijaya yang juga beragama Hindu dan Buddha.Saat itu ada dua dinasti yang berdiri di kerajaan mataram kuno yakni dinasti sanjaya dan DinastiĀ  Syailendra. Beberapa sejarawan memberitahu bahwa pembangunan Candi Borobudur ini dimulai Dari Dinasti Sanjaya. Namun Candi Borobudur baru dapat di selesaikan oleh Dinasti Syailendra yang periodenya menjadi masa keemasan Mataram kuno pada saat itu. Saat itu kerajaan Mataram kuno disukai oleh Dinasti Syailendra dengan kepemimpinan Raja Samaratungga.Pembuatan candi berbentuk megah ini di duga di lakukan oleh para penganut Buddha Mahayana Sejarah bertahap. Melihat besar nya Lebar dan Keunikan arsitekturnya, pembuatan Candi Borobudur memakan puluhan bahkan seratus tahun lebih.

Sejarah Candi Borobudur Indonesia Juga Perna Runtuh loh Begini Cerita Awal Mulanya.

Sejarah Candi Borobudur Di IndonesiaDi kutip dariĀ https://www.girlscoutsmpls.org/ alesannya di karenakan perna di telantarkan. Tetapi tidak diketahui secara pasti nya, namun banyak ahli menduga penyebabnya adalah pemindahan kekuasaan, Oleh Mpu Sindok dari Medhang ke wilaya Jawa Timur pada 928-1006 M . Mpu Sindok Memindahkan ibukota mataram kuno karena saat itu Gunung Merapi mengalami erupsi sehingga mengancam keselamatan.

Bertahun-tahun lamanya setelah di tinggalkan, Candi Borobudur terkubur di bawah lapisan tanah dan debu vulkanik yang kemudian di tumbuhi pohon dan semak. Benar-benar mirip seperti bukit. Baru pada tahun 1814, M sir Thomas Stamford Rafless, Gubernur Jendral Inggris yang sangat tertarik dengan awal mula. Ia pun tertarik untuk mengunjungi bangunan besar yang telah di tinggalkan, mirip seperti bukit itu. Dan ia meminta ratusan pasukannya untuk membersihkan bangunan itu dan menggali tanah hingga lebih dalam. Seluruh bangunan Candi Borobudur pun akhirnya semakin terlihat dan selanjutnya di lakukanlah pembaruan. Pembaruan itu dilakun oleh pemerintahan Hindia Belanda dan UNESCO.

Nah begitulah awal mula dari Candi Borobudur yang terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post